Info :
Jackpot 100% 7X Win Sabung Ayam Online & Cashback 10% 7X Loses Sabung Ayam Online
  • wa+66-958-751-270

  • lineBuanabolaonline

ayam-cemani

Beberapa Fakta Tentang Ayam Cemani

admin SABUNG AYAM
11/03/2017 | 20:54

Tujuh Fakta Mengenai Ayam Cemani

SABUNG AYAM ONLINE – Ayam cemani ini merupakan ayam asli yang berasal dari negara Indonesia. Kata cemani ini berasal dari bahasa sansekerta yang artinya hitam legam, yaitu dengan ciri  khas keseluruhan badannya yang berwarna memang berwarna hitam.

Konon cerita emang benar bahwa ayam ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dan bisa dikatakan itu 100% semuanya berwarna hitam bahkan sampai ke dalam daging, tulang, darah hingga bagian-bagian dalamnya semuanya berwarna hitam.

Spesies ayam yang satu ini sangatlah langkah dan nilai jualnya pun tinggi banget. Di balik semua itu ayam cemani ini rupanya menyimpan beberapa fakta yang jarang di ketahui.

Mari, kita simak apa saja fakta di balik semua itu :

 1. Sudah Ada Pada Saat Kerajaan Majapahit

Menurut sebuah legenda masyarakat kota temanggung dengan ayam yang keseluruhan tubuhnya berwarna hitam ini asalnya dari Jawa Tengah dan  sudah terkenal sekitar pada abad 15 di mana masa itu merupakan masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Adapun seorang pertapa yang di klaim yang pertama kali memiliki ayam cemani ini di kenal dengan nama ki Ageng Mangkuhan. Akan tetapi dulunya menurut kisah ayam ini di katakan mempunyai paruh yang berwarna putih dan pernah di gunakan untuk mengobati salah satu seorang anak pejabat di daerah tersebut.

Karena telah berhasil dalam mengobati anak pejabat tersebut akhirnya ayam cemani ini pun di kembangbiakan dan dikawinkan dengan sesama ayam berwarna hitam lainnya. Hasil dari perkawinan itulah menghasilkan seekor anak ayam yang malah berwarna hitam legam dan paruhnya pun juga berwarna hitam, dan akhirnya ayam ini di beri dengan nama ayam cemani yang berasal dari bahasa sansekerta yang artinya itu hitam legam.

 2. Di gunakan sebagai Pelengkap Upacara Adat

Di karenakan sebuah keunikan yang di miliki ayam ini, sering juga di gunakan sebagai pelengkap ritual upacara adat seperti bersih desa, saketenam, dan grebeg maulud. Juga di percayai memiliki kekuatan magis yang bisa menolak bala yang di lakukan makhluk halus lainnya. Sampai saat ini juga masih saja di lestarikan di Indonesia.

 3. Pembawa Keberuntungan

Di balik semua keistimewaannya dan keunikannya, ayam ini juga di percayai dapat membuat pemiliknya menjadi beruntung. Bisa saja ini bukan merupakan faktor mistis akan tetapi harga jualnya yang akan semakin mahal apabila warna keseluruhan tubuhnya juga semakin berwarna hitam.

 4. Ada Juga 3 Jenis Ayam Cemani Yang Di Yakini Mempunyai Kekuatan Magis

Secara sekilas semuanya hampir terlihat sama, akan tetapi ayam ini di bedakan menjadi 3 macam berdasarkan kekuatan magisnya yaitu Cemani Widitra, Warastratama, dan Kaikayi.

Sejenis Ayam Cemani Widitra ini mempunyai sapuan garis di leher, dada, paruh dan selangkanganm dan di yakini sebagai ayam yang memiliki kekuatan gendam asmara dan penolak bala dari makhluk halus.

Sedang Ayam Warastratama ini sering di gunakan sebagai pelengkap upacara adat. Sedangkan yang ketiga ini ayam Kaikayi mempunyai ciri dengan bulu hitam di padu dengan biru laut yang di percaya bisa mengangkat santet.

 5. Semakin Hari Ayam ini Semakin Langkah

Tidak heran bila harga ayam ini bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor karena jenis ayam yang satu ini semakin hari semakin langkah saja. Sedangkan di Indonesia yang merupakan asal dari Ayam cemani ini saja sudah sangat jarang sekali di temukan.

 6. Ayam Cemani Bisa Berwarna Hitam Legam

Dari hasil penelitian mengatakan bahwa warna hitam ayam cemani ini di karenakan akibat dari kondisi genetik unik yang di sebut dengan fibromelanosis. Kondisi di mana menyebabkan mutasi sel yang di ketahui berfungsi di sel tubuh ayam tersebut.

Seorang ilmuan asal Swedia yang bernama Leif Adersson menemukan bahwa gen yang bermutasi di dalam merupakan gen “endothelian-3” (EDN-3) adalah gen yang membuat lapisan sel epidemus keseluruhan badan ini menghasilkan warna (pigmen) hitam.

Juga di ketahui bahwa ayam cemani yang usianya semakin bertambah tua mengakibatkan jumlah gen EDN-3 nya pun meningkat lebih dari 10x lipat di bandingkan dengan ayam biasa.

 7. Telurnya yang berwarna putih

Hal ini masih merupakan misterius dan sampai saat ini juga terus di lakukan penelitian tentang mengapa telur ayam cemani ini masih bisa berwarna putih tulang dengan beberapa bintik merah muda.

Ketika di sinar dengan senter, bagian dalam telurnya ayam ini terlihat hampir sama dengan telur ayam pada umumnya. warna hitam baru akan muncul setelah embrio ayam muncul. Ini juga menjadi petanda bahwa telur ayam tersebut subur dan bisa menetas.

Menurut Ilmuan warna telur putih itu muncul dikarenakan proses mutasi fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam tersebut yang tidak menular terhadap cangkang telur. Bisa jadi hal ini di akibatkan cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama dengan semua jenis ayam.

  • bank bca
  • bank mandiri
  • bank bri
  • bank bni
Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
  • browsers
  • browsers
  • browsers
  • browsers